MEMPERBAIKI BATERAI LAPTOP YANG 0% TERUS SAAT DI CHARGER
CARA MEMPERBAIKI BATERAI LAPTOP YANG 0% TERUS SAAT DI CHARGER
MENGAPA HAL INI BISDA TERJADI AYOOK SIMAK SEBENTAR !
| 0 % Available (Plugged In Chargiing) |
Terdapat banyak faktor penyebab baterai laptop mengalami hal ini.
1.Cara penggunaan anda yang salah, biasanya hal ini terjadi karena anda menggunakan laptop sampai baterai nya benar benar habis (0%). Cara seperti ini tidak disarankan yah, jadi silakan gunakan laptop anda sampai muncul pesan peringatan dari baterai biasanya pada saat kondisi baterai berada pada 5 - 7 % sesuai dengan settingan pada laptop anda akan muncul peringatan untuk memulai proses pengisian lagi, nah barulah anda boleh melakukan proses pengisian, jadi peringatan itu ada fungsinya, tolong jangan diabaikan. Pada saat melakukan proses charging usahakan dilakukan sampai konsisi full 100%, jangan biasakan untuk menghentikan pengisian saat kondisi belum penuh yah, Ingat cell baterai laptop itu adalah smart material (Material pintar) jadi baterai bisa awet jika anda menggunakannya dengan benar terutama saat proses pengisian (charging process).
2. Baterai terlalu lama dibiarkan saat kondisi dayanya terkuras habis (0%) atau dengan kata lain saat baterai laptop anda lowbet bukan malah melakukan proses pengisian,anda malah menyimpan nya saja karena mungkin sudah tidak digunakan untuk sementara waktu, dan nanti ketika hendak digunakan lagi baru anda bergegas untuk melakukan proses charging, nah disinilah kadang timbul kasus seperti ini yah.
3.Faktor dari cell baterai yang memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk melakukan proses charging (karna faktor pertama dan kedua tadi). Pada kasus ini baterai sebaiknya diganti dengan yang baru saja tapi lakukan setelah melakukan proses perbaikan secara software terlebih dahulu yang akan saya jelaskan setelah ini.
Bagaimana cara untuk mencoba memperbaikinya
Pasang charger, kemudian nyalakan laptop anda, setelah itu klik menu START, klik kanan COMPUTER pilih PROPERTIES
![]() |
| Properties Computer |
Setelah itu pilih tab DEVICE MANAGER kemudian pilih tab BATTERIES
![]() |
| Device Manager |
Kemudian kita hanya perlu uninstall 2 pilihan
- Microsoft AC Adapter
- Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
Klik kanan dan Uninstall kemudian OK
![]() |
| Uninstall Microsoft AC Adapter |
![]() |
| Uninstall Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery |
Setelah itu nyalakan kembali laptop anda dan tunggu beberapa saat :
| Hasil percobaan charging selama 10 menit |
Tapi kalau ingin lebih baik setelah shotdown laptop anda jangan hidupkan, diamkan saja selama 2-4 jam dengan kondisi charger terpasang agar lebih maksimal.
| Proses Charging selama 2-4 Jam |
Jika cara itu masih saja tidak bisa kemungkinan baterai anda memang sudah rusak dan harus diganti atau baterai anda itu KW jadi bateterai cepat sekali rusak





Komentar
Posting Komentar